SNIKO 2018

SEMINAR NASIONAL INSTRUMENTASI, KONTROL DAN OTOMASI 2018
SNIKO 2018 | 10-11 Desember 2018 | Bandung

 

KATA PENGANTAR

Revolusi Industri 4.0 adalah jargon yang digunakan untuk menggambarkan mimpi manusia tentang pabrik “cerdas” yang mengandalkan berbagai sistem otomasi yang saling berkomunikasi melalui jaringan siber (Cyber Physical System). Dalam jaringan ini, diharapkan terjadi pertumbuhan data dan pengetahuan (Big Data), pendelegasian tugas perhitungan (Distributed Computing) dan desain, termasuk diantaranya pertumbuhan kemampuan kognitif pada berbagai piranti yang terlibat (Machine Learning).

Namun, apa artinya Revolusi Industri 4.0 ini bagi Indonesia? Bagaimana jargon ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang terpencar di berbagai sudut Nusantara dan meraih kemandirian energi? Selanjutnya, bagaimana sistem pendidikan tinggi Indonesia melahirkan para pelaku industri 4.0 untuk mewujudkan cita-cita tersebut? Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi (Center for Instrumentation Technology and Automation) Institut Teknologi Bandung mengadakan wadah interaksi bersama para akademisi, pelaku industri dan pengambil kebijakan pemerintahan untuk berbagi pengalaman kontribusinya dalam Seminar Nasional Instrumentasi, Kontrol dan Otomasi (SNIKO) 2018, 10-11 Desember 2018.

Tema yang diangkat pada SNIKO 2018 adalah “Kesiapan Masyarakat Otomasi, Kontrol dan Industri (MOKI) dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 serta Kemandirian Energi Indonesia”. Sungguh membahagiakan bahwa pada kesempatan ini seluruh unsur pengambil kebijakan pemerintah Indonesia, unsur pendidikan tinggi, dan unsur pelaku industri terwakili dengan lengkap, baik dalam jajaran pembicara utama, pembicara workshop maupun para pemakalah. Seluruh peserta dengan antusias berbagi pengalaman kontribusi mereka dalam perkembangan teknologi instrumentasi, kontrol dan otomasi, khususnya dalam mewujudkan industri 4.0 yang membumi dan memenuhi kebutuhan mendasar masyarakat Indonesia.

Untuk mengabadikan momen berharga itulah, prosiding ini diterbitkan. Semoga dokumen ini menjadi inspirasi bagi tumbuhnya kerjasama nyata dalam mengembangkan teknologi instrumentasi, kontrol dan otomasi dalam format industri 4.0 yang mampu melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.

Tak lupa kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya pada seluruh panitia penyelenggara, Dewan Penasihat, Mitra Bestari, Sponsor serta Media Partner yang telah mewujudkan terlaksananya SNIKO 2018. Semoga seluruh kontribusi ini dihitung sebagai amal ibadah yang diridhoi dan dirahmati Allah swt, serta dicurahkan kembali dalam bentuk rezeki yang berlipat ganda.

Ketua Seminar Instrumentasi, Kontrol dan Otomasi
Ir. Estiyanti Ekawati, M.T. Ph.D

 

TEMA
“Kesiapan Masyarakat Otomasi, Kontrol dan Industri (MOKI) dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 serta Kemandirian Energi Indonesia”

 

PEMBICARA UTAMA

Dr. Ir. Ismail, MT (Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika KOMINFO )
Dr.Ir. Mervin Tangguar Hutabarat M.Sc ( Kepala UPT E-Learning ITB)
Fajar Wantah, ST, MT ( Business Development PT. Cinovasi Rekaprima )
Ir. Kusetiadi Raharjo (Owner dan Direktur PT. Heksa Prakarsa Teknik)

 

PUBLIKASI
Makalah-makalah yang telah melalui proses review akan diterbitkan dalam bentuk prosiding online ber-ISBN/ISSN.
Prosiding online  SNIKO2018 tersedia di link ini.

 

KONTAK
Email: sniko[at]instrument.itb.ac.id