SNIKO 2015

SEMINAR NASIONAL INSTRUMENTASI, KONTROL DAN OTOMASI 2015
SNIKO 2015 | 10-11 Desember 2015 | Bandung

 

KATA PENGANTAR

Sungguh merupakan kehormatan bagi kami, Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi, Institut Teknologi Bandung untuk dapat berkumpul bersama Bapak dan Ibu sekalian pada Seminar Nasional Instrumentasi dan Kontrol (SNIKO) 2015. Seminar nasional ini adalah kesempatan kita bersama untuk bertemu dan menjalin kerjasama antara para akademisi, praktisi di industri, serta pimpinan birokrasi dalam mengembangkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang instrumentasi, kontrol dan otomasi di Indonesia.

Urgensi kebersamaan dan kerjasama ini makin tinggi, khususnya dalam menghadapi Pasar Bebas ASEAN 2016. Pasar bebas ini menuntut masyarakat Indonesia untuk mampu mengembangkan produk yang kompetitif dari segi mutu, harga dan kemudahan produksi, serta keandalan operasionalnya. Kriteria-kriteria tersebut dapat dicapai dengan pendayagunaan sistem instrumentasi, kontrol dan otomasi yang tepat, handal serta efisien. Kualitas ini hanya dapat tercapai melalui kolaborasi, antara pengembangan teknologi instrumentasi, kontrol dan otomasi terkini yang dikembangkan di Perguruan Tinggi, kesempatan dan dukungan untuk mengimplementasikannya di dunia Industri, serta dukungan dan perlindungan dalam bentuk regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah sebagai pemegang kebijakan pengembangan Industri.

Karena itulah, SNIKO mengusung tema “Tantangan Masyarakat Otomasi, Kontrol dan Industri (MOKI) dalam Menghadapi Pasar Bebas ASEAN”. Besar harapan kami, bahwa tema ini dapat menyatukan kita semua, baik dari Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah untuk bekerja-sama menghadapi tantangan tersebut.

Kami sungguh berbahagia, bahwa tema tersebut tercerminkan dengan baik melalui para Pembicara Utama, yang masing-masing membawakan isu pengembangan instrumentasi, kontrol dan otomasi terkini dan terdepan. Dimulai dari pembahasan tentang data dan informasi meteorologi, klimatologi dan geofisika yang sangat penting perannya dalam menyusun strategi perekonomian Indonesia. Hal ini juga didukung olehberbagai terobosan bidang mekatronika dan robotika sebagai penggerak industri dalam berbagai skala. Industri-industri ini membutuhkan dukungan energi. Karena itu pulalah, strategi dan implementasi bauran energi disampaikan dalam seminar ini. Berbagai perkembangan tersebut akan tinggal landas dengan cepat bila mendapatkan dukungan teknologi optika terkini dalam menghasilkan sistem akuisisi data yang komprehensif dan berkecepatan tinggi.

SNIKO juga tidak akan terlaksana tanpa dukungan panitia yang telah mencurahkan pikiran dan tenaganya untuk mensukseskan acara ini. Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada seluruh jajaran panitian SNIKO 2015. Semoga SNIKO membuka berbagai kerjasama baru, serta memberi kenangan indah dan tidak terlupakan bagi kita semua.

 

Ketua Seminar Instrumentasi, Kontrol dan Otomasi 2015

Estiyanti Ekawati, Ph.D

 

TEMA
“Tantangan Masyarakat Otomasi, Kontrol dan Industri (MOKI) dalam Menghadapi Pasar Bebas ASEAN”

 

PUBLIKASI
Makalah-makalah yang telah melalui proses review akan diterbitkan dalam bentuk prosiding online ber-ISBN/ISSN.
Prosiding online  SNIKO2015 tersedia di link ini.

 

KONTAK
Email: sniko[at]instrument.itb.ac.id