Rancang Bangun Sistem Peringatan Suhu Pengereman Berbasis Mikrokontroller ATmega 16

M.Fariz Anjasmara, Yusuf Bronto Laras, Wildan Habiburrohman Azrie3, Lolyta Prima Wardiana4, Sigit Setijo Budi

Sari

Keselamatan di jalan merupakan hak seluruh pengguna jalan. Pada kenyataannya hal tersebut masih sulit dicapai karena tingkat kecelakaan yang masih tinggi. Salah satu faktor kecelakaan adalah kendaraan yang tidak berkeselamatan dengan penyebab didominasi masalah pada rem. Masalah yang sering terjadi yaitu tingkat panas berlebih (overheating) pada sistem rem yang menyebabkan gagal rem (fading). Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi suhu kerja pengereman dan memberikan sistem peringatan dini (early warning system) overheating kepada pengemudi. Metode yang digunakan pada sistem ini dirancang menggunakan ATMega 16 dan sensor LM35 yang akan bekerja jika suhu mencapai 50oC setara dengan besaran suhu pada pengereman mencapai 200oC dengan skala 1 : 4. Rancang bangun sistem peringatan dini bekerja secara optimal memberikan peringatan kepada pengemudi melalui tampilan LCD, peringatan LED dan buzzer pada kabin kendaraan.

Kata Kunci

kecelakaan; fading; overheating; sensor panas; mikrokontroler

Teks Lengkap

PDF

Referensi

http://gis.dephub.go.id/mapping/Statistik/Darat/Tabel_A_1_4_01.htm. [diakses pada 7 april 2015].

Jakarta, news.liputan6.com, Rem Blong, Bus Transjakarta Tabrak 4 Motor dan 4 Mobil, 22 Juni 2015 [diakses pada 6 september 2015].

Pasuruan, daerah.sindonews.com, Rem Blong Trailer Tabrak 5 Kendaraan, 4 Tewas, 24 Agustus 2015 [diakses pada 6 september 2015].

Cianjur, news.detik.com, Rem Bus Blong, Tabrakan Beruntun di Ciloto Cianjur Libatkan 10 Kendaraan, 26 Juli 2015 [diakses pada 6 september 2015].

S.I. Nyoman dan S. Bambang. 2010. Teknologi Otomotif. Edisi kedua. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

Sukamto dan A.J. Bardi. Analisis Perpindahan Panas Kampas Rem pada Sepeda Motor: Jurnal teknik vol.3 No.1, April 2013.

D. Joni dan W. Andreas. Sistem Pendingin Paksa anti panas lebih (Over heating) pada rem cakram (disk brake) kendaraan: Jurnal teknik Mesin vol. 12, No. 2, 2010.

Rio, problem solving-mendeteksi panas pada rem, http://www.otomotif.web.id/problem-solving-mendeteksi-a342.html. [diakses pada 29 agustus 2015].

A. Heri, Pemrograman Mikrokontroler AVR Atmega, Yogyakarta: Penerbit Informatika. 2008.

W. Budiharto, Panduan Praktikum Mikrokontroler AVR ATMega 16, Yogyakarta: Penerbit ELEX MEDIA. 2008.

I. Muhammad, K. Choliq, S.I. Riandy, P. Diah, N.L. Helena. Pengenalan Sensor Suhu Menggunakan LM35DZ Dan Therm200, Bogor: Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB.

R. Slamet, Sistem Pengukuran Suhu Minyak Goreng Berbasis Termokopel Tipe K, Yogyakarta:2014.

D.F. Fuad, E. Yuyun dan H. Budi. Pemanfaatan serbuk tongkol jagung sebagai alternative bahan friksi kampas rem non-asbestos sepeda motor. http://eprints.uns.ac.id/1337/1/1832-4127-1-SM.pdf [diakses pada 2 November 2015

DOI

http://dx.doi.org/10.5614%2Fsniko.2015.1