Pengaruh Duty Cycle terhadap Perpindahan Energi pada Motor BLDC (Brushless Direct Current) saat Pengereman Regeneratif Berbasis dsPIC30f4012

Helmi Aulia Rahman, Slamet Riyadi

Sari

Beberapa dekade terakhir, dunia industri transportasi elektrik mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dapat ditinjau dengan banyaknya transportasi elektrik yang menggunakan motor listrik modern sebagai penggerak elektrik. Salah satu jenis motor listrik modern sebagai penggerak elektrik adalah motor BLDC (Brushless Direct Current). Motor BLDC memiliki beberapa keunggulan seperti konstruksi yang sederhana, mudah mengatur kecepatannya serta memiliki torka yang besar, dan memiliki efisiensi tinggi. Motor BLDC memiliki kelemahan, diantaranya sistem kontrolnya yang rumit. Akan tetapi memiliki kelebihan khusus yang mampu melakukan pengereman secara regeneratif. Pengereman regeneratif dapat meningkatkan efisiensi karena pada saat terjadi pengereman, energinya bisa disimpan ke batere. Penelitian ini mengusulkan metode sederhana untuk melakukan efisiensi energi saat motor melakukan pengereman regeneratif, dengan mengatur besar kecilnya duty cycle untuk mengetahui pengaruh perpindahan energi pada motor BLDC ke sumber batere. Hal ini dapat dilihat melalui arus charging dan kecepatan motor BLDC.

Kata Kunci

motor BLDC (Brushless DC), duty cycle, perubahan energi, pengereman regeneratif, inverter tiga fasa.

Teks Lengkap

PDF

Referensi

Gaurav A. Chandak, A. A. Bhole, “AN ELECTRIC BRAKING SYSTEM CONTROLLER FOR BRUSHLESS DC MOTOR IN ELECTRIC VEHICLE APPLICATION”, International Journal of Electrical Engineering & Technology (IJEET) Vol. 8, pp. 48–56, Issue 4, July-August 2017.

Xu Jiaqun, Cui Haotian, “Regenerative Brake of Brushless DC Motor for Light Electric Vehicle” unpublished”, ICEMS, Thailand, October 2015.

Tejo Sukmadi, Syauqie Candra Buana, Trias Andromeda, and Mochammad Facta, “A Prototype of Multistage Dynamic Braking of Three Phase Squirrel Cage Induction Motor” Int. Conf. on Information Tech., Computer, and Electrical Engineering (ICITACEE), Indonesia, Oct 19-21st 2016.

Mingli Shang, Liang Chu, Jianhua Guo, Yong Fang, and Feikun Zhou, “Braking Force Dynamic Coordinated Control for Hybrid Electric Vehicles”, IEEE, 2010.

V. Vijaya Kumar, V. Udayakumar, and J. M. Uruganandham, “SPEED CONTROL OF BLDC MOTOR FOR FOUR QUADRANT OPERATION WITHOUT LOSS OF POWER” INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMPUTATION OF POWER, ENERGY, INFORMATION AND COMMUNICATION, 2015.

Microchip, Application Note 957, “Sensored BLDC Motor Control Using dsPIC30F2010”, Microchip Technology Inc, 2004.

Ye Tao, Xiaohua Xie, Haiyan Zhao, Wei Xu, Hong Chen, “A Regenerative Braking System for Electric Vehicle with Four In-wheel Motors Based on Fuzzy Control”, IEEE Proceedings of the 36th Chinese Control Conference, China, July 26-28, 2017.

M.K Yoong, Y.H Gan, G.D Gan, C.K Leong, Z.Y Phuan, B.K Cheah. K.W Chew, “Studies of Regenerative Braking in Electric Vehicl”, IEEE Conference on Sustainable Utilization and Development in Engineering and Technology, Malaysia, 20 & 21 November, 2010.

Xiaohong Nian, Fei Peng, and Hang Zhang, “Regenerative Braking System of Electric Vehicle Driven by Brushless DC Motor”, IEEE TRANSACTIONS ON INDUSTRIAL ELECTRONICS, VOL. 61, NO. 10, OCTOBER 2014.

Microchip, Application Note 857, “Brushless DC Motor Control Made Easy”, Microchip Technology Inc, 2011.

DOI :

http://dx.doi.org/10.5614%2Fsniko.2018.29