Dede Irawan Saputra, Susanto Sambasri, Jena Maulana, Cecep Andi Mulyadi & Lucky Aunillah
Sari
Proses utama dalam pembelajaran adalah adanya keterlibatan seluruh potensi mahasiswa baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor. proses pembelajaran pada praktikum merupakan salah satu proses yang cocok untuk mengamati mahasiswa dari segi kompetensi. Ketrbatasan alat peraga praktikum/trainer/laboratorium kit terkadang menjadi permasalahan pada sebuah praktikum yang memerlukan pemahaman konsep yang luas seperti pada mata kuliah citra digital dan instrumentasi cerdas. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan adalah untuk mendemonstrasikan konsep pembuatan laboratorium kit sederhana untuk praktikum. Kit tersebut diperuntukan bagi dosen atau asisten praktikum pada mata kuliah pengolahan citra digital dan insrumentasi cerdas. Laboratorium kit tersebut terdiri dari skenario tiga persimpangan jalan raya terskala yaitu 1:100. Adapun luas dari laboratorum kit adalah 90 cm x 48 cm. Kit tersebut dipasangkan tiga buah kamera sebagai sensor untuk mengambil gambar dari tiap simpang, serta kendaraan mini yang digunakan sebagai objek yang akan dideteksi dapat diletakan disetiap lajur. Laboratorium kit dilengkapi pula satu buah mikrokontroler dan komputer sebagai media pemrograman dan kontroler beserta LCD. Dalam rangka memeriksa dampak dari penggunaan laboratorium kit tersebut, sebuah model pembelajaran PBL dapat digunakan pada proses praktikum. Berdasarkan hasil aplikasi laboratorium kit untuk pengolahan citra digital dan instrumentasi cerdas, menunjukan bahwa kit tersebut dapat memberikan ilustrasi tentang proses pengolahan citra dan instrumentasi cerdas serta dapat memahami aplikasi secara rill. Kedepannya pengembangan hasil dari penelitian dapat berpotensi untuk diaplikasikan pada kegiatan praktikum tingkat sarjana.
Kata Kunci
laboratorium kit, pengolahan citra digital, instrumentasi cerdas, problem based learning
Teks Lengkap
Referensi
A. G. Abdullah, D. L. Hakim, M. A. Auliya, and A. B. Dani, “Low-cost and Portable Process Control Laboratory Kit,” TELKOMNIKA (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 16, no. 1, pp. 232–240, 2018.
I. Kukliansky and H. Eshach, “Evaluating a Contextual-Based Course on Data Analysis for the Physics Laboratory,” J. Sci. Educ. Technol., vol. 23, no. 1, pp. 108–115, 2014.
B. H. Sababha, “Project-Based Learning to Enhance Teaching Embedded Systems,” EURASIA J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 12, no. 10, pp. 2575–2585, 2016.
M. Petkovski and M. Kostov, “Model Based Design and Hardware in the Loop Testing in Power Electronics Courses,” TEM J., vol. 1, no. 4, pp. 292–296, 2012.
I. Indrianto, M. N. I. Susanti, R. Arianto, and R. Ruli, “Embedded System Practicum Module Design to Increase Student Comprehension of Microcontroller,” TELKOMNIKA (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 16, no. 1, pp. 53–60, 2018.
E. Nugraha, A. G. Abdullah, and D. L. Hakim, “Designing a SCADA system simulator for fast breeder reactor,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 128, no. 1, 2016.
B. A. Khan and N. S. Lai, “An intelligent traffic controller based on fuzzy logic,” in SDIWC, 2013, pp. 89–93.
Toar-lumimuut, R. E. P. Tolah, R. Sengkey, and Y. D. Y. Rindengan, “Perancangan Simulasi Otomatis Traffic light Menggunakan Citra Digital Studi Kasus,” E-journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 4, no. 4, pp. 35–45, 2015.
Z. Jamal, M. Rusydi, F. I. Komputer, J. Z. A. Pagar, A. No, B. L. Indonesia, and T. Fax, “Development of Fuzzy Logic Controller For Trainer Kit Based on Microcontroller,” no. 93, pp. 36–41, 2016.
D. Handaya, D. Handaya, Y. Prima, and I. Auditia, “Simulasi Mesin Cuci Industri Tekstil Berbasis Kendali Fuzzy dan Interface LabVIEW 2014 Simulasi Mesin Cuci Industri Tekstil Berbasis Kendali Fuzzy dan Interface LabVIEW 2014,” in Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2016 (SNIPS 2016), 2016, July.
D. I. Saputra, A. S. Muharrom, I. Taufiqurrahman, R. Fauziah, and A. Junaidi, “Simulasi Kendali Logika Fuzzy Di Ruang Merokok Menggunakan Mikrokontroler,” in Seminar Nasional Microwave, Antena dan Propagasi (SMAP 2017), 2017, no. 1, pp. 80– 82.
DOI :