Galih Rakasiwi, Slamet Riyadi
Sari
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dengan menggunakan motor listrik mengalami kemajuan yang sangat pesat khususnya di bidang transportasi elektrik. Salah satu jenis motor yang digunakan untuk transportasi elektrik yaitu motor Brushless DC (BLDC) karena memiliki efisiensi tinggi, torka besar, kecepatan tinggi dan biaya operasional yang murah. Pada kendaraan listrik yang digerakkan oleh motor BLDC dibutuhkan suatu sistem keamanan yaitu pengereman. Dalam penelitian ini penulis mengusulkan salah satu metode pengereman pada motor BLDC. Pengereman pada motor BLDC dirancang secara dinamik, dimana motor BLDC dioperasikan sebagai generator yang digerakkan oleh motor DC. Dioda pada modul inverter dimanfaatkan untuk melakukan pengereman dinamik pada motor BLDC. Pengereman dinamik dilakukan dengan cara memberikan resistor pada terminal input motor BLDC, dimana langkah tersebut dilakukan secara tiga tahapan dengan cara memberikan resistansi yang berbeda. Pada saat terjadinya pengereman dinamik, nilai resistansi mempengaruhi lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kondisi stasioner. Pada makalah ini dipaparkan hasil analisis pengereman dinamik pada motor BLDC.
Kata Kunci
transportasi elektrik, motor BLDC, pengereman dinamik, generator, resistansi.
Teks Lengkap
Referensi
Fauzi Yuda Pratama, Endrayansyah, “Rancang Bangun Pengendalian Kecepatan Brushless DC Motor Tipe A2212/10T 1400 Kv Menggunakan Kontroller PID Berbasis Labview”, Universitas Negeri Surabaya, Vol. 7, No. 3 Tahun 2018, 157-166.
Zhao, Jian., Yu, Yangwei, “Brushless DC Motor Fundamentals”, Application Note, AN047. 2011.
Agung Dwi Yulianta, Sasongko Pramono Hadi dan Suharyanto, “Pengendalian Kecepatan Motor Brushless DC (BLDC) menggunakan Metode Logika Fuzzy”, Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 12, No. 2, 2015.
Achmad Fachrudin Istiananda, Ir. Rusdhianto Effendie A.K. M.T., dan Andri Ashfahani S.T. M.T. M.Sc. “Perancangan dan Implementasi Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Arus Searah Tanpa Sikat Menggunakan Metode PID-Robust”, Jurnal Teknik ITS Vol. 5, No. 2, (2016) ISSN : 2337-3539.
Md. Rifat Hazari, Effat Jahan, “Design of a Brushless DC (BLDC) Motor Controller”, International Conference on Electrical Engineering and Information & Communication Technology (ICEEICT), 2014
Y.B. Adyapaka Apatya, Aries Subiantoro, Feri Yusivar, “Design and Prototyping of 3-phase BLDC motor”, 2017 15th International Conference on Quality in Research (QiR) : International Symposium on Electrical and Computer Engineering.
EATON Corporation, “Dynamic Braking”, Application Note AP040010EN, 2013.
Muhammad Hami Pradipta, Tedjo Sukmadi, dan Mochammad Facta, “Pengereman Dinamis Konvensional Pada Motor Induksi Tiga Fasa”, Universitas Diponegoro Semarang, Transient, Vol. 3, No. 4, 2014, ISSN : 2302-9927,657.
Moch. Faishol Yusron, Joko, “Pengereman Dinamik Motor Induksi 3 Fase 220V/380V”, Jurnal INAJEEE, Vol. 1, No. 1, 2018.
Ri Munarto, Bobby Rinaldi, “Analisis Pengereman Dinamik pada Motor Induksi 3 Fasa dengan Metode Injeksi Arus Searah dan Kapasitor Eksitasi Sendiri Fuzzy C-Means Clustering”, Jurnal SETRUM, Vol. 7, No. 1, 2018, p-ISSN : 2301-4652.
DOI :