Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Fakultas Pertanian Unsyiah Melalui Peningkatan Efektivitas Pemanfaatan E-Learning

Allaily Tarman, Cut Nilda, Yuliani Aisyah, Bakhtiar Bakhtiar, Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah

Sari

Riset aksi ini bertujuan mengetahui pemanfaatan sistem e learning dan peningkatan pemanfaatannya di Fakultas Pertanian Unsyiah. Riset dibagi dalam beberapa tahapan yaitu survey, focus group discussion (FGD), pelatihan dan pendampingan. Riset aksi ini dilakukan selama 9 bulan di Fakultas Pertanian Unsyiah, oleh tim Satuan Jaminan Mutu Fakultas (SJMF) dan Tim Penjaminan Mutu Akademik Jurusan (TPMA) di Fakultas Pertanian kepada dosen di Fakultas Pertanian Unsyiah. Riset dilakukan pada 20 orang dosen dan Data yang diperoleh dianalisis deskriptif. Hasil survey menunjukkan bahwa mayoritas responden menjawab elearning dapat membantu dosen untuk sharing info kepada mahasiswa termasuk bahan kuliah, mengadakan kuis dan ujian secara online. Tahap kedua menghasilkan bahwa pelatihan sudah pernah diikuti tetapi belum ada pendampingan dan perlu pelatihan kembali, pelatihan diharapkan diadakan secara berkala, perlu adanya tim Informasi dan Teknologi (IT) khusus di tingkat fakultas. Tahapan terakhir menghasilkan bahwa pelatihan dan pendampingan perlu sampai akhir semester, dengan total peningkatan sementara dari pelatihan adalah dari 25 mata kuliah pada semester genap 2017/2018 (hanya 6 dosen sebagai pemanfaat) menjadi berjumlah 75 matakuliah (yang diasuh oleh 50 dosen yaitu 25 % dari keseluruhan dosen di Fakultas Pertanian) di semester ganjil 2018/2019. Kesimpulannya bahwa dari riset aksi ini adalah jumlah dosen pemanfaat sistem e learning meningkat dengan adanya pelatihan berkala, dan pendampingan.

Kata Kunci

e learning; model; mutu; pembelajaran; sistem.

Teks Lengkap

PDF

Referensi

Peraturan Rektor Universitas Syiah Kuala No. 1 Tahun 2018.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi Republik Indonesia No. 44 Tahun 2015.

Rencana Strategi Universitas Syiah Kuala Tahun 2015-2019.

Wawancara langsung ke UPT TIK Universitas Kuala Maret 2018.

N.S. Hanum. Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 3 No. 1 . Feb 2013. pp.90-102.

Silahuddin. Penerapan E learning dalam Inovasi Pendidkan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Elektro. Universitas Islam ArRaniry. CIRCUIT Vol. 1 No. 1 Juli 2015. Pp. 48-59.

Silahuddin. Media Teknologi dan Implikasinya dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Elektro. Universitas Islam ArRaniry. CIRCUIT Vol. 2 No. 1 Juli 2016. Pp. 199-207

DOI :

http://dx.doi.org/10.5614%2Fsniko.2018.37