PROSES AUTO VISUAL INSPEKSI PADA ENGINE PISTON DENGAN APLIKASI KAMERA DAN ROBOT YANG TERINTEGRASI

Rahmat Kartolo, Fadli Hadi Purnomo

Sari

Proses inspeksi merupakan hal yang terpenting dalam suatu proses produksi, hal ini menentukan produk tersebut dapat diterima oleh konsumen atau tidak. Banyak industri di Indonesia dalam proses inspeksi ini masih secara manual, yaitu dengan indera manusia. Tentulah sangat berkaitan dengan kelelahan, kejenuhan dan daya konsentrasi atau biologis tubuh manusia. Sehingga mempengaruhi kualitas dan produktifitas dari suatu produk. Industri komponen kendaraan tidak lepas dari kondisi tersebut, salah satu industri pembuatan engine piston. Komponen ini merupakan komponen yang sangat penting dan presisi pada sebuah mesin, sehingga menuntut proses inspeksi yang ketat.
Teknologi Vision Sensor pada saat ini berkembang dengan pesat, teknologi ini bermuara pada pengolahan data pada gambar (image processing) yang diambil oleh sensor, berupa laser ataupun camera. Secara umum dari hasil image processing tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan Guide, Inspect, Gauge, Identification (GIGI).
Dengan ketatnya tuntutan kualitas dan produktifitas di industri pembuatan engine piston ini, maka Vision Sensor dapat menjadi salah satu solusinya. Diantara tuntutan kualitas engine piston tersebut diantaranya piston harus bebas dari cacat permukaan seperti penyok, goresan, kusam, yang tersebar di beberapa bagain permukaan piston, seperti bagian kepala, sisi samping,lubang pin sampai dengan 23 item. Piston juga sebagai komponen yang sangat presisi membutuhkan penanganan yang harus hati-hati terutama pada saat inspeksi, oleh sebab itu penanganannya menggunakan robot 6-axis. Pada proses inspeksi engine piston ini juga dibutuhkan sistem pengolahan data informasi yang menunjukkan piston mana dan bagain apa yang terdapat cacat, juga sebagai umpan balik kepada proses sebelumnya, sehingga setiap cacat yang ditemukan dapat langsung memberikan informasi sebagai inisialisasi perbaikan.

Kata Kunci

Engine Piston, Vision Sensor; Robot 6-axis; Pengolahan Data Informasi

Teks Lengkap

PDF

Referensi

PT Federal Izumi Manufacturing, “Piston Knowledge 1” Bogor 2004.

Rosa dan Colligan, Ergonomi fisik, Fisiologi manusia kerja, 1997. (http://ergonomi-fit.blogspot.co.id/2012/04/ritme-circadian-jam-biologis-manusia.html)

Academia, “Lembar Praktiku”’, http://www.academia.edu/8425595/LEMBAR_KERJA_PRAKTIKUM_DEFINISI_OTOMASI_Otomasi_Industri, (diakses pada 19 Oktober 2015)

Vision System, “Cameras”, http://www.vision-systems.com/cameras.htm, (diakses pada 19 Oktober 2015)

Kamera Digital, “Penertian Kamera dan Sejarahnya”, http://daftarkameradigitalberkualitas.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-kamera-dan-sejarahnya.html, (diakses pada 19 Oktober 2015)

ABB, (2013).Operation Manual – Instruction to RAPID,[pdf].Sweden.ABB.

DOI :

http://dx.doi.org/10.5614%2Fsniko.2015.29