PEMODELAN SISTEM TERDISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE HIRARKI PADA POWER PLANT PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU)

Ilmi Rizki Imaduddin, Hendi Purnata

Sari

Sistem kendali berhirarki biasanya untuk mengatasi suatu sistem pengendalian yang kompleks. Prinsip sistem kendali kompleks tidak bisa diterapkan langsung secara efektif dan efisien hal ini disebebakan oleh sistemnya terlalu besar dan permasalahan terlalu kompleks. Sistem kendali berhirarki mempunyai input dan output berjumlah besar. Pada sistem kendali berhirarki, komponennya melakukan berbagai macam interaksi dinamis dan sistem ini mendapatkan bermacam-macam gangguan. Model matematis dari sistem ini mempunyai orde dinamik yang besar dan mencakup banyak parameter sistem. Pencarian alternative dalam kendali suatu sistem berdimensi besar akan menyebabkan pembagian keseluruhan dalam subsub permasalahan. Hasil dari penelitian ini sistem mempunyai input langsung menjadi output (troughput) syarat input dan outputnya reachable sehingga sistem bisa dikatakan controllable dan observable. Untuk menghasilkan sistem stabil di ketahui bahwa persamaan karakteristik dari sistem tersebut berada di sebelah kiri bidang S. Para penelitian ini terdapat satu eigen value yang berada di sebelah kanan bidang S maka distabilkan menggunakan pengendalian terdesentralisasi dengan memberikan kompensator.

Kata Kunci

sistem kompleks, hirarki, desentralisasi, PLTU

Teks Lengkap

PDF

Referensi

Khairudin, Moh. “sistem kendali pada sistem kompleks multivariable dengan metode berhirarki” (Telecommunication Computing Electronics and Control) 3.1 (2005): 27-37.

Koo, Geun Bum, Jin Bae Park, and Young Hoon Joo. “Decentralized fuzzy observer-based output-feedback control for nonlinear largescale sistems: an LMI approach.” Fuzzy Sistems, IEEE Transactions on 22.2 (2014): 406-419.

Albertoe, P & Sala, A “Multivariable Control System: An Engineering Approach” Springer: Verlag London, London 2004.

Lunze, Jan, “Feedback Control of Large Scale System” PrenticeHall International, Englewood Cliffs, 1992.

Li, Duan. “Hierarchical control for large-scale systems with general multiple linear-quadratic structure.” Automatica 29.6 (1993): 1451- 1461.

Ngan, H. W., A. K. David, and K. L. Lo. “Decentralized hierarchical optimal control of dynamic instability in AC/DC power systems.” International Journal of Electrical Power &Energy Systems 14.5 (1992): 358- 363.

DOI

http://dx.doi.org/10.5614%2Fsniko.2015.24