Ony Arifianto, Imam Safi’i
Sari
Makalah ini membahas tentang pembuatan model matematika dari laboratorium terbang yang dikembangkan oleh FTMD-ITB. Laboratorium terbang ini merupakan pesawat udara nirawak bersayap tetap yang telah dilengkapi dengan instumentasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan data untuk pengujian terbang. Pengujian terbang tersebut dilakukan untuk memperkaya pengajaran dalam kuliah-kuliah mekanika terbang. Model matematika yang dikembangkan nantinya akan digunakan untuk merancang sistem kendali otomatik untuk membantu operator dalam mendapatkan data uji terbang. Makalah akan secara khusus membahas tentang pemodelan momen inersia dari pesawat nirawak yang digunakan sebagai laboratorium terbang. Pemodelan momen inersia dilakukan dengan menggunakan uji bifilar pendulum. Untuk melihat apakah pengujian dapat memberikan hasil yang logis dan cukup akurat, uji validasi dilakukan terlebih dahulu dengan menggunakan balok kayu. Hasil momen inersia dari balok kayu kemudian dibandingkan dengan hasil dari perhitungan dengan menggunakan metode analitik. Baik uji bifilar pendulum pada balok kayu maupun laboratorium terbang menunjukkan hasil momen inersia yang relatif wajar untuk pesawat sekelasnya.
Kata Kunci
UAV, laboratorium terbang, momen inersia, bifilar pendulum
Teks Lengkap
Referensi
O. Arifianto, H. Muhammad, P. S. Windratih, and I. Safi’i, “The development of student station for drag polar testing,” International Conference on Aviation Technology and Management (ICATEM), September 2018.
P. S. Windratih, O. Arifianto, and H. Muhammad, “The development of flight testing tool for longitudinal static stability assessment,” International Conference on Science and Innovative engineering (ICSIE), December 2017.
P. S. Windratih, Pengembangan student station dalam rangka pengujian longitudinal static stability dari pesawat tanpa awak bersayap tetap. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Bandung, April 2017.
A. Teimourian and D. Firouzbakht, “A practical method for determination of the moments of inertia of unmanned aerial vehicles,” Italian Association of Aeronautic and Astronautics XXII Conference, September 2013.
E. C. Harris, “Selection of techniques for measurement of moment of inertia,” 24th Annual Conference S.A.W.E., May 1965.
G. Genta and C. Delprete, “Some considerations on the experimental determination of moments of inertia,” Meccanica, vol 29, pp. 125-141, 1994.
M. R. Jardin, “Optimized measurements of UAV mass moment of inertia with a bifilar pendulum,” Journal of Aircraft, May 2009.
A. Shaheen and M. S. Anwar, A Doubly Suspended Pendulum. LUMS School of Science and Engineering, May 2017.
M. P. Miller, ”An accurate method of measurement the moment of inertia of airplanes,” National Advisory Committee for Aeronautics, Technical note No.351, October 1930.
B. K. Aliyu, A. A. Petinrin, & J. A. Adewumi, “PID control design of sideslip angle for fixed-wing mini-UAV,” Advances in Research. Vol. 6, pp. 1- 14, 2016
DOI :