Li-Ion/ Polymer Shunt Battery Charging System

Terdapat berbagai macam teknik untuk menghasilkan sumber energi terbarukan, antara lain energi panas, energi angin, energi cahaya matahari dan salah satu yang terbaru adalah energi getaran mekanik. Sumber energi terbarukan dengan getaran mekanik dapat diperoleh dengan divais material jenis piezoelektrik. Piezoelektrik dapat membangkitkan arus listrik lemah melalui getaran dan perubahan bentuk secara mekanik pada piezoelektrik.

Untuk bisa memanen energi listrik dengan arus yang lemah, dibutuhkan sistem charger yang memiliki kinerja yang baik yaitu yang mampu menerima arus masukan yang lemah, dan memiliki kebocoran arus yang sangat kecil hingga orde nano ampere. Linear Technology merancang sebuah IC bernama LTC4071. IC ini merupakan IC khusus yang didesain untuk dapat melakukan pengisian muatan pada baterai polimer ataupun Li-Ion dengan arus masukan yang sangat rendah, baik dengan sumber arus yang terputus-putus ataupun secara kontinu.

Untuk bisa beroperasi, dibutuhkan rangkaian minimum sebagai berikut

ltc

Untuk menunjang riset pemanen energi melalui piezoelektrik, dibuat rangkaian charger dengan IC LT4071

rangkaian ltc

Pemilihan IC LT4071 ini karena LTC4071 memiliki perfomansi yang tinggi dalam melindungi baterai dari kelebihan tegangan saat proses pengisian. Saat input daya dihentikan dan ketika itu tegangan baterai dibawah high output battery threshold, LTC4071 hanya mengkonsumsi 550nA dari baterai. Jika tegangan baterai jatuh dibawah low battery disconnect level, maka baterai akan diputuskan dari VCC sehingga mencegah baterai dari kondisi over-discharge. Pencegahan over-dischanger ini perlu dilakukan karena jika tekanan baterai dibawah suatu level tertentu dapat merusak baterai secara permanen.