Single Blog Title

This is a single blog caption
7 Oct 2014

Pelatihan Programmable Logic Controller & SCADA 20 – 23 Oktober 2014

/
Posted By
/
Categories

Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi ITB  akan menyelenggarakan program Pelatihan Programmable Logic Controller & SCADA 20 – 23 Oktober 2014

Deskripsi Pelatihan :

Kegiatan eksplorasi, produksi, pengolahan maupun pendistribusian bahan hidrokarbon tidak lepas dari pengoperasian sistem instrumentasi yang beragam jenisnya. Untuk itu kemampuan untuk mengimplementasikan sistem kontrol proses pada berbagai sistem tersebut menjadi tantangan yang sangat penting. Salah satu perangkat kontrol yang banyak digunakan pada industri migas adalah Programmable Logic Controller (PLC). Perangkat ini mengatur pengoperasian dalam lingkup pengendalian lokal untuk berbagai perangkat mekanik dan elektrikal, baik dalam kondisi normal maupun untuk mengaktifkan sistem pengamanan.

Agar dapat mendayagunakan PLC untuk memaksimalkan kinerja proses dan mengikuti perkembangan kebijakan perusahaan dan teknologi terbaru, dibutuhkan banyak pengawas dan spesialis pemrograman yang mampu mengevaluasi serta mengembangkan jaringan pengendalian proses yang terdiri dari beberapa PLC dan SCADA. Karena itu, pelatihan Programmable Logic Controller (PLC) dan SCADA ini menyediakan kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai fasilitas komunikasi data antar PLC dalam sistem SCADA. Dengan metode ini ditumbuhkan kemampuan pembangunan jaringan pengendalian proses yang menyeluruh sehingga didapatkan sinergi dalam pengembangan sistem instrumentasi dan kontrol pada fasilitas migas.

Menghasilkan SDM yang memahami teknik pembangunan jaringan komunikasi data antar PLC dalam sistem SCADA serta mampu membangun sistem pengendalian proses secara sistematik menggunakan PLC dalam sistem SCADA untuk fasilitas migas.

Tujuan pelatihan ini adalah agar peserta:
Memahami teknik pembangunan jaringan komunikasi data antar PLC dalam sistem SCADA
Memahami teknik pengendalian proses secara sistematik menggunakan PLC dalam sistem SCADA
Memahami teknik membuat antar muka pengguna untuk memonitor kondisi proses dalam sistem SCADA
Memahami aspek-aspek penilaian kinerja jaringan pengendalian proses dalam sistem SCADA

Peserta yang membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi CITA ITB di Telp. 022-2514452/022-2534285 atau HP Irvan 085294793810, Email : services@instrument.itb.ac.id atau irvan@instrument.itb.ac.id