Single Blog Title

This is a single blog caption
20 Mar 2012

Liputan Seminar & Pameran Green Building Automation Systems; Applications & Solutions for Industries

/
Posted By
/
Categories

Seminar dan Pameran GREEN BUILDING AUTOMATION SYSTEM; APPLICATIONS and SOLUTIONS FOR INDUSTRIES diselenggarakan pada hari Senin, 27 Februari 2012 di Audiotorium & Galeri 1 Campus Center Timur Institut Teknologi Bandung

Pendaftaran dibuka sejak pukul 07.00, sehingga acara dimulai tepat waktu pukul 08.30. Peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, peneliti ini berjumlah 114 orang.

Seminar ini dibuka oleh Kepala Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi (CITA ITB), Dr. Suprijadi Haryono, serta Presdir PT. Cipta Samudra Mas, W.J.M Sutjipto, MBA.


Acara dilanjutkan dengan presentasi yang dipandu oleh Dr. Augie Widyotriatmo (KK Instrumentasi & Kontrol ITB). Pembicara pertama adalah Dr. Ir. F. X. Nugroho Soelami dari KK Teknik Fisika ITB membawakan materi Manajemen Energi pada Utilitas Bangunan. Pembicara kedua adalah Ir. Eko Mursito Budi MT (CITA ITB & KK Instrumentasi dan Kontrol ITB) yang mejabarkan Pemetaan Kebutuhan Otomasi bagi Manajemen Utilitas Bangunan. Pembicara ketiga adalah Mr. Joshua Rusdy (BECKHOFF International) yang memperkenalkan dukungan teknologi otomasi BECKHOFF untuk mewujudkan sistem otomasi bangunan yang mengoptimalkan konsumsi energi.

Setelah rehat makan siang, Mr. Joshua Rusdy yang membawakan beberapa studi kasus Green Intelligent Building di berbagai belahan dunia. Dr. Ir.  Endra Joelianto (CITA ITB & KK   Instrumentasi dan Kontrol ITB) melanjutkan dengan paparan mengenai Pertumbuhan Kompetensi Otomasi di Perguruan Tinggi.

Setelah rehat kopi, Mr T.H. Balaji (PT.Cipta Samudera Mas) menyampaikan Solusi Otomasi Industri dan Bangunan Terintegrasi. Sesi terakhir diisi dengan Diskusi Umum yang dipandu oleh moderator Dr. Augie Widyotriatmo, ST, MT, Ph. dengan mengundang kembali seluruh pembicara dari pagi harinya.

Peserta cukup antusias mengikuti kegiatan ini, karena melibatkan berbagai bidang keahlian, seperti arsitektur, teknik sipil, perencanaan perkotaan, disamping tentunya instrumentasi, kontrol otomasi dan kelistrikan. Acara ini diharapkan membuka wawasan dan peluang kerjasama lebih jauh antar bidang keahlian serta antar institusi pendidikan, industri maupun pelayanan masyarakat.

Seminar ini juga didukung oleh pameran produk otomasi bangunan, energi terbarukan serta arsitektur. Instansi yang terlibat meliputi CITA ITB, PT LEN, PT Usaha Jaya Bakti, Program Studi Arsitektur ITB, Program Studi Teknik Fisika ITB dan Beckhoff Automation. Pada pameran ini, dilaksanakan workshop gratis untuk produk Beckhoff dan open recruitment CITA ITB. Acara pameran juga dimeriahkan oleh penampilan robot angklung yang dikembangkan di Program Studi Teknik Fisika ITB dan memenangkan Indonesia ICT Award 2011.