Mini Plant for Level Measurement with Automatic Tank Gauging

Oleh

Estiyanti Ekawati, Sudirman Priyo, Irvan Budiawan,

Rizky Perdana Putra, Nur Astuty, Puti Faraniza,

Centya Octavia, Azis Febriandi, Sandi Saputra,

Wellia Gustiari, Triyono, Dewi Kustati, Novantara Ridho

Deskripsi Singkat

Automatic Tank Gauging (ATG) merupakan perangkat pengukuran level otomatis, yang umumnya digunakan pada skala industri yang berhubungan dengan kegiatan penimbunan yang membutuhkan pengukuran, pengontrolan, kalkulasi, serta pengolahan dan penyajian informasi yang efisien, contohnya : Depot BBM atau terminal transit BBM. ATG memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan pengukuran yang dilakukan secara manual oleh operator, yaitu akurasi, presisi, repeatability tinggi, mengeliminasi human error, operasi cepat, dan dapat diotomasikan dengan komputer. Akan tetapi, ATG membutuhkan penginstalan ulang pada tangki serta maintenance dan kalibrasi yang teratur.

Sistem pengukuran dengan menggunakan ATG ini perlu diimplementasikan oleh SDM yang memahami dan menguasai pengoperasian ATG, metering sistem dengan wawasan otomasi terminal, karena kemampuan SDM dalam penggunaan ATG di lapangan masih minim sampai saat ini, dan memilih manual diping sebagai jalan keluar.

Manfaat Mini Plant for Level Measurement with Automatic Tank Gauging

Hasil produk pengembangan CITA-ITB memiliki inovasi dengan membangun sebuah zmini plant pengukuran level untuk memahami kemampuan operasi ATG seperti karakteristik, cara kerja,  pengoperasian, dan kalibrasi dari ATG. Desain mini plant yang dibangun dirancang agar fenomena pengukuran dapat dilihat secara jelas, serta pengaruh lingkungan seperti temperatur dan tekanan dapat diatur sedemikian rupa  sehingga pembelajaran metoda kalibrasi pun lebih intuitif dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Selain untuk kebutuhan pengoperasian ATG, mini plant ini pun digunakan untuk lebih memahami cara kerja tiap-tiap komponen intrinsik ATG dan pengembangan prinsip ATG untuk skala industri menengah di dalam negeri.