Analytical Instrumentation

Pada berbagai Industri proses seperti industri minyak dan gas, petrokimia, farmasi, kimia, dan semen, Instrumentasi Analitik memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas produk, mulai dari tahapan analisis bahan baku, produk antara, hingga hasil produk akhir yang diinginkan.

Besaran proses seperti komposisi, struktur dan karakter bahan, pH, konduktivitas panas, dan berbagai besaran kimia-fisika lainnya tidak bisa diukur secara langsung. Besaran khusus biasanya ditangani menggunakan instrumentasi dilanjutkan analisis sampel secara off-line di laboratorium ataupun analisis on-stream pada proses di lapangan menggunakan peralatan seperti Gas Chromatography, Spectrometry, HPLC, X-Ray Diffraction, Electrometry, dan peralatan sejenis.

Melalui pelatihan ini, peserta dibekali dengan pemahaman tentang berbagai teknik pengoperasian instrumentasi analitik sesuai standar yang berlaku, serta dapat memilih jenis peralatan instrumentasi untuk kegiatan di laboratorium dan di lapangan. Penyajian pelatihan ini dilakukan dalam bentuk tutorial di kelas, praktikum dan demonstrasi.

Pelatihan ini terdiri dari:

  1. Gas Chromatography
  2. Spectrometry