Single Blog Title

This is a single blog caption
30 Aug 2014

Liputan Perhelatan Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) pada 25-29 Agustus 2014

/
Posted By
/
Categories

Perhelatan Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) baru saja dilaksanakan pada 25-29 Agustus 2014. Terdapat beberapa tahapan seleksi yang harus dilakukan sebelum akhirnya dapat mengikuti PIMNAS yang pada tahun ini diselenggarakan di Universitas Dipernogoro, Semarang. Tahapan-tahapan tersebut diantaranya adalah seleksi pendanaan proposal penelitian, seleksi progres penelitian, serta presentasi monitoring dan evaluasi.

Pada Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2014 ini, CITA ITB mengirimkan tiga kelompok sebagai kelompok yang lolos pada seleksi proposal penelitian. Ketiga kelompok tersebut diketuai oleh Muhamad Fahruroji (Teknik Fisika 2010), Coni Marsha Sofyna (Teknik Fisika 2010), dan Shinta Rohmatika Kosmaga (Teknik Fisika 2010) dengan masing-masing judul penelitian adalah Kontrol Gerak Wahana Quadrotor Melalui Perintah Gerak Tubuh, Piezoelektrik Sebagai Energi Harvesting, dan Radar Automatic Tank Gauging. Ketiganya dibimbing langsung oleh Ir. Estiyanti Ekawati, M.T., Ph.D.

Penelitian yang diketuai oleh Fahruroji berupaya untuk mengembangkan quadrotor sebagai kendaraan tanpa awak yang terdiri dari empat rotor agar dapat digerakan melalui perintah gerak tubuh. Secara umum, quadrotor dapat digerakan melalui perangkat lunak dalam smartphone maupun remote control. Pengontrolan gerak wahana quadrotor ternyata dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga dapat dikontrol melalui perangkat Microsoft Kinect. Microsoft Kinect merupakan perangkat keluaran dari Microsoft yang mampu menangkap isyarat gerak tubuh melalui citra dari kamera untuk kemudian diolah secara komputasi menjadi suatu sinyal output.

data

Gambar 1.

Quadrotor yang Sedang Diterbangkan Menggunakan Perintah Gerak Tubuh

Berbeda dengan Fahruroji, Coni beserta anggota kelompoknya mencoba untuk menciptakan modul pemanen energi dengan memanfaatkan energi gerak (injakan). Komponen yang digunakan pada penelitian ini adalah piezoelektrik. Piezoelektrik merupakan komponen yang mampu mengkonversi energi dari listrik menjadi getaran dan sebaliknya. Piezoelektrik yang digunakan pada penelitian ini merupakan piezoelektrik yang banyak dijual di pasaran Indonesia dengan harga yang terjangkau. Untuk mendapatkan hasil yang optimum dilakukan pengujian karakteristik piezoelektrik. Diharapkan dengan adanya penelitain ini mampu memicu penelitian lanjutan mengenai Piezoelektrik sebagai energi harvester.

page

Gambar 2.

Modul Piezoelektrik yang Sedang DIujicoba

Penelitian terakhir yang mengikuti PKM 2014 diketuai oleh Shinta berupaya untuk menciptakan ATG Radar sebagai alat ukur ketinggian cairan pada tangki. Pengukuran ketinggian cairan pada tangki, terutama pada industri oil and gas merupakan aspek yang sangat penting sehinnga harus dijaga akurasinya. Saat ini ATG Servo sebagai alat ukur yang umum digunakan oleh industri memiliki akurasi yang sangat baik, namun memiliki beberapa kekurangan seperti waktu pengukuran yang relatif cukup lama. Dengan menggunakan ATG Radar yang memanfaatkan prinsip penjalaran gelombang ultrasonik, diharapkan dapat menjawab beberapa kekurangan yang dimiliki oleh ATG Servo.

page

Gambar 3.

ATG Radar Menggunakan Gelombang Ultrasonik 40 KHz

Pada tanggal 10-11 Juli 2014 diselenggarakan presentasi monitoring dan evaluasi yang bertempat di berbagai institut/ universitas di Indonesia. Dari ketiga kelompok penelitian yang berasal dari CITA ITB hanya kelompok Fahruroji dengan judul penelitian Kontrol Gerak Wahana Quadrotor Melalui Perintah Gerak Tubuh yang dapat mengikuti puncak acara, PIMNAS 25-29 Agustus 2014 di Universitas Dipenogoro. Hasil yang dicapai juga tidak mengecewakan, penelitian ini mendapatkan medali perak untuk kategori poster ilmiah. Medali ini sebagai satu-satunya medali yang ITB dapatkan untuk penyelenggaraan PIMNAS di tahun 2014.