Pelatihan Sistem Proteksi Penangkal Petir 17 – 20 Juni 2014

Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi ITB  akan menyelenggarakan program Pelatihan Sistem Proteksi Penangkal Petir pada tanggal 17 -20 Juni 2014.

Deskripsi Pelatihan :

Sistem Deteksi Sambaran Petir
(Lightning Detection )
Pelatihan ini juga memberikan informasi tentang teknologi maju yang saat ini digunakan secara luas untuk dapat melakukan perlindungan dengan lebih baik, yakni teknologi untuk dapat mendeteksi sambaran petir. Salah satu teknologi yang digunakan adalah teknologi penentu posisi dan pelacak sambaran petir secara real-time yang dikenal dengan nama LPATS (Lightning Position dan tracking System).
Teknologi yang dipakai oleh Indonesia ini diberi nama Jaringan Deteksi Petir Nasional (JADPEN) dan telah di operasikan oleh ITB sejak tahun 1995. Kemampuan deteksi petir secara real time digunakan untuk tujuan safety, dimana badai petir yang akan datang ke lokasi / daerah atau menuju jaringan tenaga listrik tertentu dapat diketahui waktu dan arahnya, sehingga tindakan pengamanan awal (disaster management) dapat diambil oleh operator/engineer.
Manfaat yang diperoleh dari teknologi adalah :
Teknologi ini banyak digunakan untuk tujuan operasional dan safety dalam mendeteksi badai petir dan menentukan tindakan yang akan diambil oleh para engineer sebelum ancaman tiba dilokasi tersebut.
Teknologi ini akan mencatat semua sambaran petir yang terjadi (data petir historik), kemampuan menyimpan ini digunakan untuk merancang sistem proteksi petir yang sesuai, karena standar menyatakan bahwa karakteristik petir lokal lebih baik dari formula empiris yang diberikan dalam standar.
Disamping itu data historik digunakan juga untuk mengevaluasi kejadian sambaran petir yang sudah terjadi, lokasi sambaran petir tersebut, apa yang disambar, besarnya arus petir, waktu terjadinya, serta fungsi dari sistem proteksi yang sudah terpasang (bekerja dengan baik/tidak).
Data historik juga digunakan untuk mengetahui karakteristik kejadian petir dilokasi tersebut, yakni, pada bulan-bulan apa saja petir paling banyak terjadi, pada jam berapa petir paling banyak terjadi dalam setiap harinya, berapa besar arus petir dan kerapatan sambaran petir, dimana daerah yang paling sering disambar petir dan lainnya
Peserta yang membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi CITA ITB di Telp. 022-2514452/022-2534285 atau HP Faqihza 081220088513, Email : services@instrument.itb.ac.id atau faqihza@instrument.itb.ac.id

Berita Terkait